Covid-19, Kemendikbud Menuntut Setiap Pendidik Melihat Profil Anak Usia Dini

28 November 2020, 17:01 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim saat memberikan penjelasan terkait BLT subsidi gaji Kemendikbud saat Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbud RI yang disiarkan secara virtual, Senin 16 November 2020. /Tangkapan Layar Youtube DPR RI

KEBUMEN TALK - Dalam masa pandemi Covid-19 setiap pendidik dituntut betul-betul bisa melihat profil anak usia dini berkebutuhan khusus, termasuk kondisi lingkungan keluarganya, hal tersebut diungkapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

"Setelah mengetahui profil anak dan kondisi keluarganya, baru kita bisa menentukan tujuan pembelajaran bagi mereka," kata Widyaiswara Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa Kemendikbud, Nita Harini.

Sebagaimana dikutip KebumenTalk.com dari ANTARA, hal tersebut diubgkapkan dirinya saat diskusi daring dengan tema Strategi Penguatan Pembelajaran AUD Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi yang dipantau di Jakarta, Sabtu, 28 November 2020.

Baca Juga: Cek Penerima BSU Kemendikbud dengan Login keinfo.gtk.kemdikbud.go.id

Guru akan lebih mudah menentukan penilaian, strategi pembelajaran termasuk materi yang akan diberikan, dengan mengetahui profil serta kondisi anak dalam lingkungan keluarga.

Karena selama delapan bulan lebih pandemi Covid-19 di Tanah Air, banyak guru kebingungan dengan penerapan pembelajaran jarak jauh, hal itu penting.

"Pertanyaan-pertanyaan seperti ini banyak muncul, makanya mempelajari profil dan lingkungan anak itu penting terutama anak usia dini yang berkebutuhan khusus," kata dia.

Baca Juga: Guru PPPK Bakal Dijamin Kemendikbud, Nadiem: Dana Disuplai Pemerintah Pusat

Katanya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menekankan pentingnya konsep merdeka belajar dimana anak-anak belajar sesuai dengan minat dan potensi anak itu sendiri.

Terdapat beberapa faktor yang mesti dipetakan oleh guru-guru, untuk mencapai keberhasilan belajar anak usia dini dan anak usia dini berkebutuhan khusus. "Hal itu mencakup minat, cara belajar anak hingga kondisi keluarga anak itu sendiri," ujarnya.

Widyaprada Ahli Utama Kemendikbud Harris Iskandar senada dengan Nita, dirinya mengatakan setiap orangtua perlu menyadari bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan bagian penting untuk kesiapan kehidupan anak berikutnya yang lebih baik.

Baca Juga: BSU Kemendikbud, Begini Syarat Untuk Mendapatkannya

"PAUD itu tidak hanya untuk pendidikan saja, tetapi juga untuk kualitas kehidupan yang lebih baik," kata dia.***

Editor: Fathurohman Wahid

Sumber: ANTARA

Tags

Terkini

Terpopuler