Dukung Event MotoGP Mandalika, Basarnas Kirim Dua Helikopter Guna Evakuasi Medis Udara

- 19 Maret 2022, 12:21 WIB
Helikopter milik Basarnas berpartisipasi dalam event MotoGP di Sirkuit Mandalika, antisipasi pembalap yang alami kecelakaan.
Helikopter milik Basarnas berpartisipasi dalam event MotoGP di Sirkuit Mandalika, antisipasi pembalap yang alami kecelakaan. /Instagram @basarnas_yogyakarta

KEBUMEN TALK - Sebanyak dua unit helikopter milik Basarnas, HR-3606 dan HR-3604 tiba di helipad Medical Center Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Kamis siang17 Maret 2022.

Sarana SAR udara ini didatangkan dengan maksud mendukung penyelenggaraan event MotoGP yang akan berlangsung pada Sabtu-Minggu 19-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, NTB.

Menurut Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH, adanya helikopter dalam salah satu ajang dunia tersebut sebagai antisipasi apabila ada pembalap yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan evakuasi medis udara.

Baca Juga: Lap Terbaiknya di Mandalika ‘Digagalkan’ Marc Marquez, Bagnaia: Saya Tidak Beruntung!

"Helikopter ini kami gunakan untuk antisipasi jika ada pembalap yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan evakuasi medis udara," ujar Nanang saat memantau langsung kedatangan helikopter di Sirkuit Mandalika.

Nantinya, jika ada pembalap yang mengalami kecelakaan tersebut akan dievakuasi dari sirkuit menggunakan ambulan.

Selanjutnya, jika kondisi kritis atau membutuhkan penanganan khusus, akan dievakuasi melalui udara menggunakan helikopter Basarnas menuju Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB. Diluar itu, akan ditangani di Medical Center Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: 5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Anda Tidak Bisa Berhenti Memikirkan Dia

Selain itu, Nanang juga mengatakan bahwa tidak hanya untuk pembalap saja, pengamanan juga dilakukan di luar tier 1 (area sirkuit).

Hal itu bertujuan sebagai langkah antisipasi terjadinya kecelakaan yang menimpa penonton maupun warga yang menyaksikan event MotoGP.

Halaman:

Editor: Muhammad Mugi

Sumber: Instagram @basarnas_yogyakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x