Tunjang Bisnis Apapun dengan Whatsapp Business, Ini Perlu Dicatat!

- 2 November 2020, 08:10 WIB
Whatsapp aplikasi chatting.
Whatsapp aplikasi chatting. /Pixabay/Arivera

KEBUMEN TALK - Bisnis di era industri 4.0 memang dituntut untuk inovatif pasalnya di era sekarang bisnis sudah masuk dalam dunia online. 

Melihat bisnis yang sudah semakin beraneka ragam dalam dunia online, maka memilih platform online penunjang bisnis andalan perlu segera dilakukan.

Berbagai platform online atau daring pun kini bisa digunakan untuk mendukung kelancaran bisnis, salah satunya yakni aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: Bantuan UMKM Ditambah, Jangan Lupakan Syarat Ini!

Aplikasi ini awalnya hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna, namun kini aplikasi ini dapat pula digunakan untuk mengoptimalkan penjualan bisnis online.


Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah yakni dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business yang dapat diunduh pada playstore maupun AppStore.

Pada pengaplikasiannya, pemilik bisnis online dapat memindahkan nomor WhatsAppnya menuju aplikasi WhatsApp Business.

Baca Juga: Cuitan Mahfud MD, Kembali Menuai Banyak Komentar

Namun sebelumnya pemilik nomor harus melakukan backup data agar riwayat obrolan tidak terhapus dan bisa dipulihkan saat masuk kedalam WhatsApp Business.


Melalui WhatsApp Business ini, pemilik usaha dapat mengakses beberapa fitur unik untuk memaksimalkan bisnis.

Artikel ini sebelumnya sudah dimuat di PortalJogja.com dengan judul 'Ingin Bisnis Onlinemu Lancar, Optimalkan Penggunaan WhatsApp Business'.

Berikut Portal Jogja telah merangkum beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan Bisnis Online :

Baca Juga: Berbahagialah! Dana BOS Akan Kembali Cair Sekaligus Mengalami Kenaikan Besar

1. Profil Bisnis

Pada aplikasi WhatsApp Business, pemilik usaha dapat memberikan berbagai informasi terkait bisnis mulai dari waktu operasional, website maupun sosial media, alamat dan nama usahanya.


2. Katalog

Melalui WhatsApp Business, para pemilik usaha dapat menampilkan katalog-katalog produk yang dimiliki.


Katalog ini dapat memudahkan para pembeli untuk melihat barang-barang yang dijual beserta harga yang dipatok.

3. Pesan Diluar Jam Kerja

Aplikasi ini juga memberikan fitur pesan otomatis yang akan terkirim diluar jam kerja.

Sebagai contoh jika ada pembeli yang menghubungi, anda dapat membalas pesan mereka dengan menggunakan template pesan yang sudah anda simpan pada fitur ini.

Baca Juga: Lucu! Hampir Tiga Bulan Belajar Daring, Seorang Siswa Baru Sadar Belajar dengan Guru Berbeda Sekolah


4. Salam

Bagi pelanggan baru, WhatsApp Business ini juga dapat disetting untuk memberikan salam yang secara otomatis akan terkirim kepada pelanggan tersebut.

Pesan di dalam salam otomatis tersebut dapat disusun sesuai dengan keinginan pemilik usaha.


5. Balas Cepat

WhatsApp Business juga menyediakan fitur untuk membalas pesan secara cepat sehingga pembeli tidak harus menunggu terlalu lama.

Fitur ini dapat digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai cara pemesanan dan transfer kepada pembeli tanpa harus mengetik secara manual.

6. Labeling

Para pembeli juga dapat dikelompokkan pada aplikasi WhatsApp Business melalui fitur labeling.

Fitur ini dapat digunakan untuk membedakan pembeli yang masih baru, pembeli yang sudah melakukan pesanan, pembeli yang sudah membayar ataupun pembeli yang membatalkan pesanannya.

Melalui labeling ini, pemilik usaha akan lebih mudah untuk melacak pembeli yang sudah melakukan pembayaran maupun yang belum.***

Editor: Muhammad Khasbi M.

Sumber: Portal Jogja (PRMN)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah