KEBUMEN TALK - Pembalap Pramac Racing Ducati, Jorge Martin mengaku bahagia di Tes MotoGP Qatar setelah mendapati motornya lebih banyak tekanan dan cengkeraman.
Tes MotoGP Qatar telah dimulai pada hari Senin, 19 Februari 2024 di Sirkuit Losail, semua pembalap MotoGP dan pembalap penguji melakukan banyak putaran di sini.
Termasuk jagoan Pramac Racing, Jorge Martin, dimana ia menyelesaikan tes di posisi kedua dengan gap + 0,220 detik dari Francesco Bagnaia di posisi pertama.
Sempat merasa skeptis, Jorge Martin, yang menggunakan motor spek pabrikan memutuskan untuk menggunakan fairing baru dan catatan waktunya pun membaik!
"Fairing baru akhirnya berhasil untuk saya! Seperti yang Anda ketahui, di Sepang saya tidak yakin apakah saya akan menggunakannya atau tetap menggunakan versi lama. Tapi yang baru pasti lebih bagus ya!," kata Jorge Martin, dikutip KebumenTalk.com dari Speedweek.
Runner up MotoGP 2023 itu menjelaskan bahwa dirinya sempat mengalami masalah dengan sirkuit yang Qatar, ia pun mengeluhkan pasir yang ada di sekitar trek.
Baca Juga: Ditemui Marc Marquez, Francesco Bagnaia Sebut Pembalap Gresini Itu Masih Terlalu 'Honda'
"Oh, pasir ini ada di mana-mana! Butuh waktu hingga rasa percaya diri saya muncul dan saya bisa terus berusaha," keluh Martinator, sapaan akrabnya.
Jorge Martin kemudian mengungkapkan untuk rencananya pada tes hari kedua (Selasa) dimana ia akan memulai mencari settingan terbaik pada motornya.
"Mulai dari setup dasar, kerjakan detailnya untuk mempersiapkan motor dengan sempurna untuk GP pertama di tahun 2024," cetusnya.
Baca Juga: Harga, Spesifikasi dan Performa Samsung Galaxy S23 FE: Flagship Tapi 'Ekonomis'
Ia pun mejelaskan bahwa Desmosedici GP24 miliknya memiliki banyak tekanan, hal itulah yang telah berhasil ia kembangkan sedikit demi sedikit.
"Kami memiliki lebih banyak tekanan pada motor...baik di depan maupun belakang. Itu membuatku sangat bahagia," kata Jorge Martin.
"Desmosedici saya untuk tahun 2024 terasa sangat stabil, dan cengkeramannya juga lebih kuat di bagian belakang dibandingkan sebelumnya," tambahnya.
Namun peningkatan cengkeraman ini juga mempunyai dampak negatif dalam praktiknya.
"Sepeda motor cenderung lebih banyak mendorong lurus ke depan saat menikung. Ini adalah masalah pada awalnya hari ini, jadi kami harus melakukan putaran ekstra dalam pengaturan untuk mengendalikan fenomena ini," ujarnya.
"Pada mulanya perubahan itu tidak terjadi," tandasnya.
Baca Juga: Info Pemilu: Pemungutan Suara Ulang Desa Tanjungsari Petanahan Kebumen Berjalan Kondusif
Hasil Tes MotoGP Qatar (Hari Senin, 19 Februari 2024):
1. Francesco Bagnaia (Ducati) 1:52.040 detik
2. Jorge Martin (Ducati) + 0.220 detik
3. Aleix Espargaro (Aprilia) + 0.292 detik
4. Brad Binder (KTM) + 0.296 detik
5. Fabio Di Giannantonio (Ducati) + 0.427 detik
6. Maverick Vinales (Aprilia) + 0,455 detik
7. Alex Marquez (Ducati) + 0,516 detik
8. Enea Bastianini (Ducati) + 0,549 detik
9. Johann Zarco (Honda) + 0,592 detik
10. Fabio Quartararo (Yamaha) + 0,597 detik
11. Marco Bezzecchi (Ducati) + 0,759 detik
12. Raul Fernandez (Aprilia) + 0.774 detik
13. Joan Mir (Honda) + 0.783 detik
14. Jack Miller (KTM) + 0.856 detik
15. Pedro Acosta (KTM) + 0.898 detik
16. Marc Marquez (Ducati) + 0.919 detik
17. Takaaki Nakagami (Honda) + 1.168 detik
18. Luca Marini (Honda) + 1,393 detik
19. Alex Rins (Yamaha) + 1,602 detik
20. Augusto Fernandez (KTM) + 1,715 detik
21. Miguel Oliveira (Aprilia) + 1,903 detik
22. Michele Pirro (Ducati) + 2,469 detik
23. Cal Crutchlow (Yamaha) + 2,471 detik
***